7 Tempat Wisata di Turki yang Wajib Anda Ketahui

 


Wisata Turki. Ada berbagai tempat wisata di negara Turki untuk dikunjungi para wisatawan. Namun, dengan waktu berlibur yang dibatasi, pastinya kita harus bisa memilih mana nih tempat wisata turki yang wajib dikunjungi dan pastinya yang amat menarik. Alhamdulillah, gengs, kali ini Travel Umrah Nurul Hayat merangkum 7 Tempat Wisata di Turki yang Wajib Kamu Ketahui. Simak selengkapnya yaa…

1. Blue Mosque

Wisata Turki

Blue Mosque merupakan masjid megah di Turki yang memiliki keunikan dan keindahan menakjubkan. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed 1 yang berasal dari masa dinasti Ottoman abad ke 14, sedangkan konstruksi bangunannya dimulai pada tahun 1609.

wisata turki

Dinamakan Blue Mosque karena keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubah ini berwarna biru. Terdapat juga 6 buah menara yang konon katanya Sultan Ahmed 1 sempat mendapat keritikan karena jumlahnya sama dengan Masjidil Haram di Mekkah. Untuk mengatasi hal tersebut, beliau menyumbang biaya pembuatan menara ke 7 Masjidil Haram. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, kamu diharuskan mengenakan pakaian yang sopan dan bagi wanita harus memakai hijab. Saat memasuki kompleks masjid, kamu akan disuguhkan arsitektur yang megah dari masjid terbesar di Istanbul ini.

 

2. Istiklal Street

Wisata Turki

Wisata belanja selalu berhasil menjadi bagian penting para traveler. Tempat wisata belanja yang populer di Turki adalah Istiklal Street yang terletak di kota Istanbul. Terbentang sepanjang 1,4 km, kamu bisa menemukan berbagai jenis barang seperti pakaian, buku dan coklat. Terdapat pula klub malam, bioskop, restoran dan masih banyak lagi tempat hiburan seru. Setiap harinya jalanan ini selalu dipadati pengunjung dan saat akhir pekan, hampir 3 juta pengunjung memadati tempat wisata di Turki ini.

 

Kastil Bodrum

Wisata Turki

Kastil ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan dalam bentuk museum tentang sejarah panjang Republik Turki. Tterletak di Bodrum, bagian barat daya Turki. Kastil dengan bangunan kuno ini sudah berdiri sejak tahun 1402 sebagai Castle od St. Peter atau Petronium. Kastil yang menjadi salah satu tempat wisata di Turki yang terkenal juga memiliki Museum of Underwater Archaeology. Museum ini memiliki koleksi berharga yang berhubungan tentang marinir.

Pamukkale

Wisata Turki

Sebagai tempat wisata yang juga populer, Pamukkale bisa dibilang sebagai pemandian air panas yang memiliki pemandangan menakjubkan. Sekilas, kolam akan terlihat seperti salju, tetapi warna putih yang ada di kolam ternyata adalah logam kalsium yang mengeras. Di sini kamu bebas berendam di kolam yang berbentuk seperti terasering. Konon katanya, kolam air panas ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asma, reumatik, penyakit mata dan penyakit kulit. Pamukkale buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai pukul 8 malam, kecuali saat musim dingin dimana tempat ini tutup pada jam 5 sore.

Gunung Nemrut

Wisata Turki

Ada sejarah panjang dibalik Gunung Nemrut. Gunung Nemrut memiliki tinggi sekitar 2.134 meter dan terletak di kota Adiyaman. Menurut sejarahnya, objek wisata di Turki yang indah ini dibangun oleh Raja Antiochus I Theos of Commagene dengan membangun tempat pemakaman yang diapit oleh patung-patung dirinya dalam ukuran besar. Selain itu ada juga patung Dewa Yunani dan Persia yang terletak di puncak gunung.

Wisata Turki

Hagia Sophia

Wisata Turki

Tempat wisata Turki yang juga terkenal dengan nama Aya Sofya merupakan sebuah gedung cantik bekas masjid dan gereja yang kini dibuka sebagai museum. Bangunan ini pembangunannya dimulai dari tahun 532 sampai 537 yang dirancang oleh 2 ilmuwan Yunani. Sebenarnga Hagia Sofia merupakan sebuah gereja Orthodox sejak selesai dibangun, namun berubah fungsi yang kemudian menjadi masjid ketuka Konstantinopel (yang kini berubah nama menjadi Istanbul) mengalami kejatuhan dan dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman yang pada waktu itu diperintah oleh Sultan Mehmed II. Untuk kamu yang ingin berkunjung, museum ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 7 malam. Pengunjung akan dikenakan biaya TL 30 atau sekitar Rp 75.000.

Wisata Turki

Sejarah dari Hagia Sophia cukup panjang. Dulunya, bangunan ini diperuntukkan untuk masjid dan gereja. Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai Gereja Ortodoks dengan arsitektur khas Byzantium yang indah.

Meskipun sudah berubah menjadi masjid, akan tetapi bangunannya tidak berubah. Hagia Sophia sudah terkenal seantero dunia dan menjadi ikon kebanggaan negara Turki.

Cappadocia

Wisata Turki

Cappadocia merupakan objek wisata di Turki yang wajib kamu kunjungi. Kota ini menjadi tempat yang paling sering diunggah para wisatawan karena keindahannya. Dengan gaya kuno khas Turki, kawasan ini terkenal dengan bebatuan yang unik serta berbagai bangunan seperti rumah hingga menara yang terbuat dari batu.
Wisata Turki
Wilayah Cappadocia ini memiliki beberapa kota terkenal seperti Goreme, Selime, Avanos hingga Urgup. Ke kota ini jangan lupa untuk menikmati sensasi naik balon udara. Kamu bisa menikmati pemandangan indah dari Royal Ballon yang dapat menampung sekitar 11 hingga 30 orang.

Wisata Turki

Kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Cappadocia. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa naik bus dengan jarak tempuh sekitar 12 jam dari kota Istanbul. Cappadocia menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagaikan sedang berada di planet lain. Pemandangan lembah, ngarai dan juga perbukitan mendominasi tempat wisata di Turki ini. Yang harus kamu coba adalah sensasi naik balom udara dengan pemandangan menakjubkan. Sekedar info, Royal Ballon tidak membawa penumpang terlalu banyak dalam setiap penerbangannya, sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih personal sambil menikmati dengan lebih leluasa.

Wisata Turki

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Toddler?

Destinasi Wisata Uzbekistan

Penggantian Kiswah